Social Icons

Danamaya-WisataDarma-TwitterTamu Wisata Darma 2014-Facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
PageRank Checkerblog-indonesia.com

Tuesday, March 22, 2011

Perahu Wisata Plus Pelampung

Perahu Wisata + Pelampung
Perahu Wisata Wajib Berpelampung
Kawasan Wisata "Wadukdarma" merupakan Kawasan Wisata Air terluas di antara Kawasan Wisata yang ada di wilayah Kabupaten Kuningan. Keindahan alam di Kawasan Wisata Wadukdarma bisa dinikmati dari daratan dan juga dari perairan. Bila cuaca sedang cerah, keindahan yang dinikmati dari tengah-tengah Perairan Wadukdarma sangat berkesan dan bisa menciptakan kenangan tersendiri bagi Penikmatnya. Sudut pandang yang berbeda menciptakan keindahan yang berbeda pula. Hal ini tidak lepas dari keberadaan Gunung Ciremai yang terlihat leluasa ketika menjelajah Perairan Wadukdarma menggunakan Perahu Wisata.

Sampai saat ini, tumpangan yang tersedia dan selalu siap mengantar Pengunjung Wisata berkeliling di atas Perairan Wadukdarma adalah Perahu Wisata bermotor dengan jumlah 12 perahu, dan kapasitas penumpangnya 10 orang perperahu. Lima di sebelah kiri dan lima di sebelah kanan berjajar kebelakang plus seorang pengemudi. Perahu menggunakan saung pelindung dan diperlengkapi dengan pelampung berbentuk rompi sejumlah kapasitas penumpang. Kecuali pelampung tersebut, Perahu Wisata dilengkapi juga dengan pelampung berupa ban dalam yang biasa digunakan oleh kendaraan roda empat.

Menyinggung soal pelampung sebagai perlengkapan Perahu Wisata, sejak lama, Kadisparbud Kabupaten Kuningan, Nana Sugiana, SE. M.Si diperkuat oleh pihak Polres Kuningan melalui Kapolsek Darma, AKP ARISMAN, SH dalam acara buka puasa bersama 1431 H di Panggung serba guna Kawasan Wisata Wadukdarma, beliau sangat menekankan betapa pentingnya Pelampung sebagai perlengkapan Perahu Wisata demi menjaga keselamatan dan ketenteraman dalam perjalanan ketika menjelajah Perairan Wadukdarma. “Keselamatan harus diprioritaskan,” tegasnya.

Personil Perahu Wisata menyambut baik peraturan perlengkapan ini. Untuk menerapkan kedisiplinan penggunaan “Rompi Pelampung” seperti telah dilakukan pada hari raya lebaran 1431 H, Perahu Wisata yang tidak melengkapi diri dengan Pelampung Pengaman, dilarang beroperasi. Kendati pun sudah dilengkapi dengan sejumlah Pelampung, bila penumpang tidak memakainya, Perahu Wisata dilarang mengarungi Perairan Wadukdarma. Tindakan seperti itu dilakukan semata-mata demi keselamatan semuanya. Jangan sampai hal-hal buruk yang tidak diinginkan oleh kita, terjadi karena keteledoran sepele. Jangan sampai ada kejadian pengunjung datang penuh dengan ceria, bersuka-cita ingin menikmati Pesona Perairan Wadukdarma, pulang harus berduka.

Pentingnya keselamatan bagi semua, kita harus sama-sama saling menyadari. Dalam hal ini, Personil Perahu Wisata sangat mengutamakan keselamatan, dibuktikan dengan selalu menjaga kondisi Perahu Wisata dengan segala perlengkapannya. Sedangkan di pihak lain, Pengunjung wisata, menyadari bahwa keselamatan adalah segala-galanya, dirinya harus mau menggunakan “Rompi Pelampung” dalam perahu selama menjelajahi Perairan Wadukdarma. Selain itu, sebagai penumpang, harus pandai menjaga sikap. Minimalnya selama dalam perahu di atas Perairan Wadukdarma, diusahakan tidak bertindak yang membuat tegang pengemudi perahu. Semuanya harus menjaga keseimbangan laju perjalanan Perahu Wisata. Nikmatilah/tafakuri keindahan alam dari Perairan Wadukdarma dengan tenang. Jangan paksakan diri untuk menjelajahi Perairan Wadukdarma bila terjadi angin kencang atau cuaca buruk lainnya. Ingat: “Menjaga lebih baik daripada mengobati. Orangtua, Anak, Istri/Suami dan keluarga Anda menunggu di rumah.” FD-WD

No comments:

Post a Comment

 

MANAGER UNIT
Obyek Wisata Wadukdarma
HP : 087 723 302 220
Head office - Telp./Fax :
(0232) 8881389

 
Kawasan Wisata Alternatif Tujuan Liburan Anda di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan - Jawa Barat - Indonesia 45562, dikelola pihak PDAU Kabupaten sejak Januari 2012