Social Icons

Danamaya-WisataDarma-TwitterTamu Wisata Darma 2014-Facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
PageRank Checkerblog-indonesia.com

Tuesday, May 3, 2011

Foto Gaya Ala Pranikah: Ciri Khas Fotografer Wadukdarma

Pengunjung Wisata Darma Berpose Gaya Pre Wedding
Pengunjung Wisata Berpose Ala Pre Wedding
Menangkap dan mencermati adanya sikap seperti trauma serta, cenderung ketakutan dari sebagian Pengunjung bila berhadapan dengan Fotografer Wisata Wadukdarma, Uba Rusmana selaku Ketua dari Komunitas Fotografer Digital Wisata Wadukdarma ketika dikonfirmasi, Beliau menerangkan pengalamannya selama di lapangan, memang benar adanya. “Namun tidak semua Pengunjung bersikap seperti itu, terutama Pengunjung Wisata yang sudah sering ke Wadukdarma dan mengetahui pergerakan Kami,” jelasnya, ”Mereka cukup bersahabat!” 

Lebih jauh Uba Rusmana menjelaskan, Fotografer Wisata Wadukdarma sangatlah berbeda dengan Fotografer Wisata lainya di Wilayah Kabupaten Kuningan ini. Kami tidak pernah berspekulasi dalam fotografy. Komunikasi dan konfirmasi dengan Pengunjung lebih diutamakan. Dalam mengambil pose untuk mengabadikan kenangan-kenangan indah Pengunjung ketika mereka berada di Kawasan Wisata Wadukdarma, cara Kami tidak asal jepret. Meski sudah ada izin dan persetujuan untuk memotret, hasil jepretan Kami diperlihatkan dulu, dikonfirmasikan untuk memastikan foto-foto yang akan dicetak. Perlakuan akhir dari cetakan foto Kami langsung dilaminating untuk perlindungan. “Itulah cara Kami, dan Kami anti spekulasi dalam fotografy!” tegas sang Ketua Fotografer. 

Menyinggung soal Nota Palsu ketika ramai pengunjung ke Wadukdarma pada hari libur panjang beberapa waktu yang telah lalu, spontan Uba menyanggah: “Kami tidak pernah memberikan Nota, dan Kami tidak pernah meminta pembayaran sebelum foto diserahkan kepada konsumen! Kami percaya spenuhnya bahwa, Pengunjung Wisata dalah orang-orang baik. Jadi, kami tak perlu memberikan Nota sebagai jaminan kepercayaan Pengunjung dan, Kami tidak pernah meminta pembayaran lebih dulu untuk kepercayaan Kami kepada mereka.”

Kecuali hal tersebut tadi, untuk lebih jelasnya, Ketua Fotografer Wisata Wadukdarma memberi gambaran singkat tentang ciri-ciri Fotografer Wadukdarma, yakni: Menggunakan Rompi Hitam seragam ( Logo, keterangan Fotografer Wadukdarma tertera jelas di punggung, serta di dada kiri atas Rompi, bertuliskan: FOKUS DIGITAL ), Tas Fotografer juga warna hitam-seragam bertuliskan situs Wadukdarma, dan Membawa sample (contoh) karya foto wisata berlaminating, sebagai pelengkap. 

Mengenai foto-foto Pengunjung Wisata sebagai penegas, bukti dari hasil karya yang bukan asal jepret, hasil karya yang dilakukan setelah adanya komunikasi dan konfirmasi, dan foto-foto tersebut bukan pose spekulasi, Komunitas Fotografer Wisata Wadukdarma membuat koleksi berbentuk Album khusus. Silakan lihat-lihat dan buka Album: Pengunjung Wisata Berpose. Mudah-mudahan setelah Anda mengetahui penjelasan tentang Ciri Khas karya, sikap dan prilaku dari Fotografer Wisata Wadukdarma yang berbeda dengan Fotografer Wisata lainya di Kabupaten Kuningan ini, harapan Uba Rusmana sebagai Ketua Komunitas Fotografer Wisata Wadukdarma: “Tidak ada lagi Pengunjung Wisata yang merasa ketakutan bila berhadapan dengan Fotografer Wisata di Kawasan Wadukdarma.” Bahkan, seandainya Pengunjung memerlukan bantuan di Kawasan Wisata, jangan ragu dan sungkan, “Kami siap membantu!” tegasnya. FD-WD

2 comments:

  1. ilmu baru dalam dunia fotografer

    ReplyDelete
  2. Buat sahabat KAZAMI, mungkin bisa disebut info baru bagi orang yg memang baru mengenal uraian dan foto penunjangnya. Namun bagi orang2 professional, bisa jadi hal2 yg disebut baru versi KAZAMI + versi kita, sudah terlewatkan dan mungkin tak ada apa2nya.

    Meski demikian, harapan saya, dengan memberikan uraian tersebut, sedikitnya bisa bermanfaat bagi orang2 yang membutuhkannya. Trim's atas simpati dan kunjungan KAZAMI secara Offline + Online. Jangan lupa (sungkan) untuk menyumbang kritik dan saran demi perbaikan segalanya.

    ReplyDelete

 

MANAGER UNIT
Obyek Wisata Wadukdarma
HP : 087 723 302 220
Head office - Telp./Fax :
(0232) 8881389

 
Kawasan Wisata Alternatif Tujuan Liburan Anda di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan - Jawa Barat - Indonesia 45562, dikelola pihak PDAU Kabupaten sejak Januari 2012