Social Icons

Danamaya-WisataDarma-TwitterTamu Wisata Darma 2014-Facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
PageRank Checkerblog-indonesia.com

Thursday, June 16, 2011

Hari Air Dunia: Air Perkotaan dan Tantangannya

Gubernur Jawa Barat + Bupati Kuningan
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan
Bersama Bupati Kuningan, Aang Hamid Suganda
Menuju Panggung  
Peringatan Hari Air Dunia ke-19 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2011 ini mengangkat tema: Air Perkotaan dan Tantangannya. Unsur yang erat kaitannya dengan kegiatan tersebut untuk di tingkat Provinsi adalah Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Pemerintah Provinsi Jawa Barat, berkantor di Jl. Braga No. 137 Telp (022) 4210756 BANDUNG 40111.

Tempat penyelenggaraan yang terpilih di tahun ini adalah Kabupaten Kuningan, tepatnya di Kawasan Wisata Wadukdarma. Kenapa harus di Kabupaten Kuningan?

Keterangan Gubernur dalam pidatonya: “Kabupaten Kuningan adalah Kabupaten paling hijau di antara Kabupaten se-Jawa Barat,” kata Gubernur yang disambut oleh tepuk tangan serempak dari para hadirin. Selanjutnya, Kabupaten Kuningan merupakan pelipur lara bagi Jawa Barat tahun ini karena, di saat Jawa Barat tak mendapatkan penghargaan apa-apa ternyata, Bupati Kuningan, Aang Hamid Suganda berkarya di bidang lingkungan layaknya individu masyarakat biasa dan berhasil meraih penghargaan Kalpataru (Kalpataru Kabupaten Kuningan), suatu penghargaan yang lebih hebat dari Adipura. Kecuali hal tersebut, Kuningan punya Gagasan membangun Lumbung Air, Kuningan sangat kaya dengan embung (mata air) penunjang Danau. Danau terbesar di Kabupaten Kuningan adalah, Kawasan Wisata Wadukdarma--Kawasan Wisata Air terluas di antara tempat wisata yang ada di Kabupaten Kuningan, kebanggaan Pemerintah Daerah dan masyarakatnya serta merupakan sumber air bagi kelangsungan PDAM Tirta Kamuning.

Sebagaimana telah diuraikan sejak awal, seputar: Dunia-Air-Dunia dan Perkotaan, otomatis untuk di tingkat Kabupaten Kuningan, atas nama Pemerintah Daerah, PDAM Tirta Kamuning memegang peranan penting. Bahkan, PDAM Tirta Kamuning plus seluruh perangkatnya bisa dikatakan sebagai pondasi, penunjang lancarnya kegiatan Peringatan Hari Air Dunia ke-19 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun ini.

Menggaris-bawahi soal Hari Air Dunia, istilah tersebut kata Gubernur adalah cetusan PBB pada 19 tahun lalu, dan lahir dari keprihatinan dunia akan adanya kekeringan di mana-mana. Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menegaskan dalam amanatnya, “Peringatan Hari Air Dunia jangan sampai hannya dimaknai dan dirayakan. Peringatan Hari Air Dunia harus ditindak-lanjuti dengan penjabaran dalam bukti sikap dan prilaku kita sehari-hari. Pusatkan perhatian kepada Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) diiringi dengan pengelolaan (penggunaan air) secara bijaksana." Lanjut Beliau, "Air sangat penting bagi kehidupan dan kelangsungan makhluq hidup secara glopbal. Air bisa jadi lebih mahal daripada intan-berlian sebab, semua makhluq hidup akan lekas mati bila kekurangan air."

Kemajuan jaman dari hari ke hari terus semakin berkembang dan begitu juga teknologi serta peradaban. Teori Pemanfaatan/Pemeliharaan hutan dikuasai secara keilmuan, namun pelaksanaannya, dalam praktek di lapangan sebagaimana telah kita ketahui, sifat rakus dari manusia-lah yang paling dominan. Dampak dari keserakahan oknum dalam pengelolaan kekayaan alam (hutan dan air), kita dan masyarakat luas harus menerima dampaknya. Ini adalah sebuah tantangan…! Kita harus berusaha mengembalikan keadaan semaksimal mungkin dan menjaga kelertarian alam (hutan) sebagai sumber air kepentingan bersama.FD-WD

No comments:

Post a Comment

 

MANAGER UNIT
Obyek Wisata Wadukdarma
HP : 087 723 302 220
Head office - Telp./Fax :
(0232) 8881389

 
Kawasan Wisata Alternatif Tujuan Liburan Anda di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan - Jawa Barat - Indonesia 45562, dikelola pihak PDAU Kabupaten sejak Januari 2012