Social Icons

Danamaya-WisataDarma-TwitterTamu Wisata Darma 2014-Facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
PageRank Checkerblog-indonesia.com

Saturday, July 9, 2011

Indahnya Senja di Wadukdarma

Senja Wadukdarma
Indahnya Senja di Wadukdarma
Primadona Kuningan ASRI adalah julukan untuk Kawasan Obyek Wisata Wadukdarma milik Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Kawasan wisata yang dulu dikelola langsung oleh DISPARBUD, saat ini, sejak Januari 2012 pengeloaan dan pengembangannya dilimpahkan ke Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Kabupaten Kuningan, (Berita Acara No: 556.31/778/DISPARBUD tetanggal 27 Desember 2011). Ada pun tampilnya PDAU melanjutkan perjalanan DISPARBUD dalam pengembangan Kawasan Wisata, hal ini atas dasar Surat Keputusan Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda, S. Sos, No: 539/KPTS.448-PDAU/2011 tertanggal 19 Desember 2011. 

"Indahnya Senja di Wadukdarma" merupakan slogan kebanggaan Kawasan Wisata ini. Saya mengetahui kalimat tersebut sejak tahun 2007 yang telah silam ketika menerima tiket masuk. Pada setiap helai kertas yang dijadikan tiket tersebut ternyata, kalimat: “Indahnya Senja di Wadukdarma” senantiasa tertera. Jika kalimat “Indahnya Senja di Wadukdarma” tidak mengandung makna, atau sejarah buat kemashuran Kawasan wisata, tak mungkin kalimat “Indahnya Senja di Wadukdarma” selalu tercetak pada tiket masuk, begitulah pikir Saya.

Mungkin kita juga sudah maklum, untuk Wilayah Indonesia, urusan senja sudah tidak aneh, apalagi bagi orang-orang yang berdomisili di pinggiran pantai, terutama pantai-pantai laut selatan. Asal tak ada hujan turun, cuaca senja selalu muncul menakjubkan. Pokonya, urusan “senja yang indah” buat Indonesia tak susah untuk mendapatkan dan hal tersebut tidak dijadikan slogan. Tapi kenapa untuk Wadukdarma “Indahnya Senja” menjadi slogan kebangggan?  Nah, kalimat itulah yang selalu membuat saya penasaran dan menjadi bahan perhatian di kala cuaca cerah menjelang sore hari. Sehingga selama berdomisili di Kawasan Wisata Wadukdarma, Saya ingin menemukan jawaban dan mendapatkan kenyataan dari slogan yang selalu tertera pada tiket. Benar apa tidaknya bahwa: “Senja di Wadukdarma itu Indah?”

Atas dasar itu, bila senja muncul menampakkan keindahannya, Saya pribadi bersama Kommunitas Fotografer Wadukdarma menyempatkan diri, berusaha untuk mengabadikan suasana senja melalui jepretan kamera. Namun sampai saat ini, hasilnya masih belum mendapatkan kriteria keindahan senja yang menurut Saya cocok untuk dijadikan kenyataan menggambarkan kalimat slogan. Saya heran dan tak habis pikir tentang Indahnya Senja di Wadukdarma. Siapa sih yang pertama mencetuskan slogan tersebut? Sejauh mana indahnya senja yang menjadi slogan Kawasan Wisata ini?

Mencermati koleksi foto senja yang Saya dapatkan selama berdomisili di Kawasan Wadukdarma, bila dibandingkan dengan suasana senja di tempat lain rasanya biasa-biasa saja.  Untuk menghibur diri sendiri secara pribadi, akhirnya Saya membuat batasan (kesimpulan) kriteria indah senja yang jadikan kebanggaan dan kepuasan ketika berada di lingkungan Kawasan Wisata Wadukdarma hingga dijadikan slogan. Pertama, indah alam secara umum, yakni, nyata adanya pada saat-saat senja, menjelang sang Surya tenggelam meninggalkan siang, cahayanya membias menimbulkan kuning keemasan, jingga dan warna merah menghiasi langit serta perairan Wadukdarma menakjubkan bagi siapa saja yang waktu itu bisa menyaksikan.

Senja Wadukdarma dan Kasih-sayang
Indahnya Senja Wadukdarma Penuh kasih-sayang
Kedua, Indahnya Senja di Wadukdarma muncul dan nyata makna indahnya secara pribadi. Kenapa demikian? Coba saja cermati foto senja yang menjadi pelengkap tulisan ini, suasana senja di saat Matahari akan tenggelam nampak datar-datar saja tak ada cahaya alam yang menakjubkan secara umum. Namun jangan salah, buat pribadi sepasang kekasih yang dimabuk asmara kala senja di Kawasan Wisata Wadukdarma, suasana dalam hati dan perasaan mereka, senja itu akan terasa begitu indah luar biasa nilainya melebihi indah cahaya mentari senja yang terpancar dari sebelah barat. Benarkah demikian? Jadi, entah yang mana, “indah senja” yang bagaimana yang menjadi slogan Kawasan Wisata Wadukdarma ini?

Foto senja yang awal pada tulisan ini, Saya dapatkan dan terjadi setelah hujan deras, suatu keadaan yang sangat tidak diduga sedikit pun karena cuaca sebelum senja indah nampak, sepanjang hari sempat turun hujan. Namun jangan begitu yakin, meski seharian cuaca cerah, sore hari belum bisa dipastikan ada senja yang indah akan menghiasi Kawasan Wisata Wadukdarma. Hanya, bila cuaca cerah sepanjang hari, sedikitnya ada peluang untuk mendapatkan situasi tersebut. 


Matahari Senja Wadukdarma
Foto by: Yadi Retropolis-mahasiwsa MSD
Seperti senja pada hari Kamis, 07/07/2011, sebetulnya situasi itu tidak terduga pula. Alasannya, pada hari-hari yang telah berlalu, di saat kemarau bulan ini, senja yang datang nampak biasa-biasa saja, tidak menunjukan keindahan yang menakjubkan sehingga sore itu kurang saya perhatikan. Untung saja, Kamis, 07/07/2011 ada Saudara Yadi Retropolis, seorang Mahasiswa Design Grafis MSD (Modern School Of Design) yang sedang PKL di lingkungan kerja Kami (FD-WD Studio plus Digital Fotografer). Akhirnya, saya punya dokumen senja yang indah hasil jepretan tangan terampil Saudara Yadi Retropolis, seperti yang terlihat melengkapi tulisan ini. Terimakasih, Yad….

Bila suatu saat Anda berkunjung ke Kawasan Wisata Wadukdarma, mudah-mudahan bisa menikmati indahnya senja tanpa harus melewati masa-masa penantian yang terlalu lama. Selamat berkunjung, selamat bersuka-ria di Wadukdarma bersama orang-orang yang Anda cintai, selamat menikmati indahnya senja, minimalnya indah buat suasana hati Anda pribadi sebagai kenangan dari Kawasan Wisata Wadukdarma.... FD-WD

No comments:

Post a Comment

 

MANAGER UNIT
Obyek Wisata Wadukdarma
HP : 087 723 302 220
Head office - Telp./Fax :
(0232) 8881389

 
Kawasan Wisata Alternatif Tujuan Liburan Anda di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan - Jawa Barat - Indonesia 45562, dikelola pihak PDAU Kabupaten sejak Januari 2012