Social Icons

Danamaya-WisataDarma-TwitterTamu Wisata Darma 2014-Facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
PageRank Checkerblog-indonesia.com

Rabu, 22 Februari 2012

Wisata Darma Dukung Tarung Derajat

Tarung Derajat merupakan istilah seni bela diri boxer Indonesia ciptaan asli anak negeri, GH. Achmad Dradjat, Drs (Sang Guru) asal Bandung, Jawa Barat. “Seni bela diri tersebut masuk daerah Kabupaten Kuningan sekitar tahun 1993-an,” jelas Pelatih Utama Tarung Derajat Kabupaten Kuningan, Dadang Suryana, S. Sos ketika bercengkerama dengan Penulis di Kawasan Wisata Darma, 20/02/2012. “Sampai saat ini,” tambah sang Pelatih Utama, “sudah mencapai ratusan jumlah anggotanya, bahkan dari Kecamatan Paling Timur di Kabupaten Kuningan, Kecamatan Cibingbin sudah banyak masyarakat yang bergabung dengan Seni Bela Diri asli Indonesia ini.” 

Sementara di lain pihak, keterkaitannya Kawasan Wisata Wadukdarma dengan Tarung Derajat, semasa Bobby Fajar Rianto, S. TP masih menjabat sebagai Manager Unit Obyek Wisata Darma (Wadukdarma), ketika dikonfirmasi soal kegiatan Keluarga Besar Tarung Derajat Kabupaten Kuningan ke Kawasan Wisata kelolaanya pada hari Minggu Pagi, 12/02/2012, Bobby menerangkan, kebijakan tesebut semata-mata mendukung rencana Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda, S. Sos untuk membangkitkan kembali Boxer Kota Kuda, agar lebih meningkat dalam segi kuantitas dan kualitas di bawah bendera Tarung Derajat. “Tidak, tidak ada maksud lain-lain,” pungkas Bobby.

Rupanya, dukungan dari Kawasan Wisata Wadukdarma terhadap Tarung Derajat ini tidak sebatas kegiatan silaturrahmi waktu itu. Kecuali meng-amini wacana Bupati  yang berharap dari Kuningan Timur sampai Barat banyak masyarakat mau belajar Seni Bela Diri, seperti contoh Boxer asli Indonesia yang dikenal dengan nama Tarung Derajat, atau seni Bela Diri yang lainnya, Manager Unit Obyek Wisata Darma memberi kelonggaran dari segi ruang dan waktu yakni, setiap hari Senin dan Kamis sore (red: ba’da asyar) dijadualkan untuk latihan Olahraga Tarung Derajat di Kawasan Wisata Wadukdarma dengan bimbingan dari Pelatih Utama Tarung Derajat Kuningan secara langsung. Bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan, khususnya masyarakat Kecamatan Darma, Bobby membuka lebar dukungan ini. “Bagi yang berminat belajar olahraga tersebut,” kata Manager Unit Wisata Darma, “disarankan untuk langsung mendaftar ke Sekretariat di Kawasan Obyek Wisata Wadukdarma. Sementara ini, bisa langsung menghubungi Koordinator Operasional & Keamanan Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW) Wadukdarma, Dadang Suryana, S. Sos (HP: 085221203365),” tambahnya. 

Sebagai langkah awal tahap perkenalan Seni Bela Diri Tarung Derajat, Manager Unit Obyek Wisata Wadukarma menyarankan semua Karyawan Pelaksana Wisata untuk berlatih pada hari dan waktu yang telah ditentukan. Jadual ini telah diberlakukan sejak silaturrahmi Keluarga Besar Tarung Derajat Kabupaten Kuningan dalam rangka menyambut Pelatih Utama-nya di Kawasan Wisata Darma, Minggu, 12/02/2012. Harapan Bobby, mudah-mudahan gagasan pelatihan Tarung Derajat di Kawasan Wisata Wadukdarma ini bisa menjadi contoh dan diikuti oleh ODTW Kelolaan PDAU yang lainnya.

Menyinggung kembali soal silaturrahmi Keluarga Besar Tarung Derajat Kabupaten Kuningan pekan lalu, sambutan dari Anggota Keluarga Besar Boxer Kota Kuda waktu itu nampak antusias. Rupanya, mereka sangat maklum bahwa, kembalinya Pelatih Utama yang memang asli Putra Daerah Kuningan ke Kampung halaman kali ini adalah upaya untuk hidup selalu berdampingan dengan keluarga tercintanya. Itu artinya, bagi Kelurga Besar Tarung Derajat Kabupaten Kuningan merupakan kebersamaan pula untuk tetap bersatu, bersanding selamanya memajukan dan mengembangkan Tarung Derajat dengan penuh rasa tenteram, tidak seperti anak ayam ketinggalan induknya.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, mungkin begitulah untuk seorang Pelatih Utama yang sudah mendarah-daging dengan Tarung Derajat. Kepulangannya ke Kota kelahiran, Kota Kuningan tercinta, cita-citanya ingin menyambung kembali tali silaturrahmi dengan masyarakat Kota Kuda yang telah ditinggal merantau sekitar 11 tahunan. Latihan bersama dalam mempelajari Tarung Derajat merupakan salahsatu jembatan untuk mempererat silaturahmi kegemarannya. Maka, ketika dirinya telah bergabung dengan PDAU dan ditempatkan di wilayah Darma, Manager Unit ODTW atas nama PDAU mendukung wacana Bupati, kesempatan itu tidak dibiarkan berlalu begitu saja. Dadang Suryana, S. Sos yang merasa dirinya dibesarkan oleh olahraga Tarung Derajat, hatinya terpanggil untuk membuka Satuan Latihan (SatLat) Wadukdarma dengan harapan, jika kebersamaan dalam latihan bisa rutin dilaksanakan, hubungan kekeluargaan yang kental dengan sesama karyawan, masyakat Pelaku Usaha di Kawasan Wiasata, masyarakat Darma dan sekitarnya akan terjalin tumbuh mengikutinya. “Atas kesempatan serta dukungan ini, secara pribadi dan atas nama Keluarga Besar Tarung Derajat Kabupaten Kuningan, saya haturkan teriakasih,” ucap Pelatih Utama Boxer Kota Kuda mengakhiri pembicaraannya, “terimaksih atas dukungan Manager Unit Wisata Darma untuk perkembangan olahraga Boxer asli Indonesia.”  Lihat beberapa Foto aktivitas Keluarga Tarung Derajat Kuningan.






Info Terkait:
Putra siapakah AA Boxer? Kapan dan di mana Beliau dilahirkan? Simak history Tarung Derajat.

3 komentar:

  1. Pemandangan Waduk yang sangat indah,
    Terimakasih atas informasi yang di tuangkan di web agan.
    para pengunjung menjadi lebih tahu wisata-wisata di Indonesia lainya.

    BalasHapus
  2. Terimaksih juga atas kunjungan dari juragan JAF (Jepara Antique Furniture) ke web sederhana "Wadukdarma.Com" dan mudah-mudahan suatu saat nanti bisa berkunjung pula ke Kawasan Wisata Darma bersama Keluarga Besar JAF sambil membawa spanduk "Kota Mebel" lalu diabadikan kenangan indah kebersamaannya, sehingga bisa kami pajang foto kenangan tersebut di Pengunjung Wisata Wadukdarma Pilihan(go.wadukdarma.com). Semoga pertemuan tulisan via web menjadi jalan pembuka silaturrahmi kita selanjutnya secara off-line.

    BalasHapus
  3. Seep kang manfaat pisan nya..

    BalasHapus

 

MANAGER UNIT
Obyek Wisata Wadukdarma
HP : 087 723 302 220
Head office - Telp./Fax :
(0232) 8881389

 
Kawasan Wisata Alternatif Tujuan Liburan Anda di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan - Jawa Barat - Indonesia 45562, dikelola pihak PDAU Kabupaten sejak Januari 2012