Social Icons

Danamaya-WisataDarma-TwitterTamu Wisata Darma 2014-Facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
PageRank Checkerblog-indonesia.com

Monday, April 9, 2012

Karyawan Mandiri Jakarta Berbagi

Opsih Karyawan Mandiri di Wadukdarma
Jagara, Jum’at, 06/04/2012 pagi di Kawasan Wisata Wadukdarma, seperti pada setiap pagi Jum’at sebelumnya, Operasi Bersih (Opsih) dengan istilah “Jumat Bersih” (Jumsih) sudah biasa dilakukan oleh masyarakat pelaku usaha bersama Pengelola Wisata kompak serempak. Sebagai penyemangat agar kegiatan tersebut senantiasa berjalan lancar, diakhir kegiatan Jumsih biasanya suka diadakan pembukaan arisan dan jamuan alakadarnya: Nasi Kuning, Gehu, Bala-bala, Air Kopi dan Teh Manis sudah menjadi pokok yang rutin.

Kegiatan Opsih Jum’at Kliwon pagi di bulan April 2012 ini nampak ada sesuatu yang berbeda dan jelas terasa lain jika dibandingkan dengan kegiatan Jumsih beberapa waktu lalu. Kegiatannya sama, namun suasana dalam pelaksanaannya kelihatan formal dan serius tak ubahnya seperti siswa sekolah mengisi lembar jawaban soal ujian di hadapan pengawas. Apakah gerangan yang membuat suasana jadi nampak serius?

Perubahan sikap dari peserta opsih menjadi catatan khusus Penulis pagi itu yang perlu segera mendapatkan jawabannya. Dalam beberapa menit berjalan sambil mengambil gambar kegiatannya terkuak pula, ternyata, eh, ternyata, memang benar ada pihak lain. Rupanya peserta opsih dadakan yang ikut bergabung menjadikan penyebab suasana pengerjaan membereskan sampah yang berserakan di Lingkungan Kawasan Wisata Wadukdarma jadi ada peningkatan. Meningkat dari jumlah pelaku, dan juga meningkat dari sikap pengerjaan, berdampak serius pada yang lainnya.

Menurut keterangan dari beberapa orang rekan, peserta opsih baru yang ikut gabung pagi itu adalah Karyawan Bank Mandiri dari Jakarta. Soal nama dan logo Bank Mandiri sejak awal pun sudah jelas nampak di baju salahseorang dari mereka. Namun, tentang siapa dan dari mana mereka berasal serta tujuannya apa, saat itu belum jelas. Pencarian informasi terus berlanjut. Pikir Penulis, aktivitas opsih yang terasa formal ini perlu diabadikan dan sayang kalau dilewatkan begitu saja. Akhirnya, sesuai saran dari rekan-rekan, pencarian informasi difokuskan kepada Pak Uba Rusmana, selaku Ketua Komunitas Fotografer Wisata Wadukdarma. Kebetulan, rumahnya dijadikan tempat berdomisili pusat pergerakan kegiatan Karyawan Bank Mandiri tersebut. “Informasi lengkapnya nanti saja, mereka tinggal sementara di rumah Bapak,” jelas Ketua Fotografer meyakinkan.

Karena pencarian informasi sudah jelas sumbernya, dan pekerjaan tersebut bisa dinomor-duakan, akhirnya Penulis fokus kepada pengambilan gambar untuk pelengkap dokumentasi bahan catatan bahwa kegiatan “pengerjaan” opsih pagi itu merupakan keseriusan yang perlu dilanggengkan dalam bukti sikap dan prilaku pada setiap orang, khususnya di linkungan Kawasan Wisata Wadukdarma yang memang harus selalu tampil cantik-asri dengan kebersihan tetap terjaga. Kebersihan lingkungan merupakan salahsatu faktor penting yang tidak boleh dilupakan di setiap tempat tujuan wisata.

Kembali menyinggung soal Karyawan salahsatu Bank Mandiri dari Jakarta, bergabungnya Jum’at pagi dalam melakukan opsih di lingkungan Kawasan Wisata Wadukdarma merupakan inisiatif pribadi mereka dalam cara refreshing-plus (red). Maksudnya, ketika mereka mencari penyegaran dengan cara berkunjung ke daerah wisata alami, ingin mendapat keuntungan ganda. Pertama, kecuali kembali ke Jakarta membawa kesegaran dalam jiwa dan pemikiran siap untuk bekerja dalam kondisi lebih vit, kedua, ingin menambah kesegaran dalam jiwa dengan bertambahanya kepuasan batin yang ikhlas, (mudah-mudahan, Aamiin…).

Proses pencarian kepuasan batin yang ikhlas cara mereka dalam refreshing-plus tersebut adalah, berbagi. Yaitu berbagi tenaga dan materi kepada pihak-pihak yang dianggapnya cocok sesuai dengan versi pemikiran dirinya. Yang jelas kentara, dalam berbagi tenaga, mereka sebagai orang kota tak sungkan untuk pegang sapu dan alat kebersihan lainnya, ikut membersihkan sampah di lingkungan Kawasan Wisata Wadukdarma sampai selesai. Berbagi materinya, Karyawan salahsatu Bank Mandiri dari Jakarta ini kecuali memberikan Empat (4) macam Cindera Mata kepada masyarakat di lingkungan wisata, terutama kepada masyarakat yang ikut melaksanakan opsih Jum’at pagi itu, jamuan konsumsi opsih pun katanya dari mereka pula.

Karyawan Bank Mandiri-Jakarta berbagi di Kawasan Wisata Wadukdarma
Pada hari berikutnya, Sabtu, 07/04/2012, kegiatan berbagi dari mereka berlanjut ke luar lokasi wisata, yakni, menyentuh dan memotivasi murid Sekolah Dasar Negeri Jagara menjadi tujuan perjalanan mencari kepuasan batin dalam acara berbagi. Karyawan salahsatu Bank Madiri dari Jakarta tersebut, adalah: Sobarudin (Ketua Rombongan), Entis Sutrisna (Wakil Ketua Robongan), dibantu oleh Surip, Deni dan yang lainya. “Berbagi dengan ikhlas itu memang indah dan menjadi kepuasan batin tersendiri bagi pelakunya.” (FD-WD)

1 comment:

  1. Desa Darma..di sanalah tempat aku terlahir. Waduk Darma disitulah tempat aku bermain dari depan rumahku kupandangi kebradaanmu yang tiada menjemukan..keindahanmu..tak akan pernah lekang oleh waktu..dulu bila kupandang dari kamarku keseberang sana rimbunnya pohon pinus begitu indah..dulu sering kupunguti bunganya yang jatuh berserakan keras kecoklatan kubuat hiasan..bau tanah yang khas dan semilir hawa dari pepohonan begitu terasa sejuk menusuk persendianku..tapi kini tiada lagi panorama itu yang kulihat hanya pandangan yang sesak oleh bangunan yang bermakna bagi penguasa.

    ReplyDelete

 

MANAGER UNIT
Obyek Wisata Wadukdarma
HP : 087 723 302 220
Head office - Telp./Fax :
(0232) 8881389

 
Kawasan Wisata Alternatif Tujuan Liburan Anda di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan - Jawa Barat - Indonesia 45562, dikelola pihak PDAU Kabupaten sejak Januari 2012