Social Icons

Danamaya-WisataDarma-TwitterTamu Wisata Darma 2014-Facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
PageRank Checkerblog-indonesia.com

Saturday, April 7, 2012

Perkemahan Terpadu SMKN 1 Indramayu

Kemah SMKN 1 Indramayu di Wadukdarma
Pengarahan dan pembinaan siswa-siswi SMKN 1 Indramayu
sebelum memasuki lokasi perkemahan Kawasan Wisata
Wadukarma, 6/4/2012
Wadukdarma, Jum’at Kliwon, 06 April 2012 pagi merupakan puncak kedatangan rombongan siswa SMKN 1 Idramayu yang akan mengikuti perkemahan. Sambutan untuk kedatangan mereka terpampang pada spanduk yang dipasang dekat pohon Beringin, bertuliskan: “Selamat Datang di Bumi Perkemahan Terpadu SMK Negeri 1 Indramayu” tanpa ada keterangan tempat dan waktu. Selama belum lapuk, dengan pembuatan spanduk seperti itu penggunaannya bisa fleksibel, kapan dan di mana pun perkemahan SMKN 1 Indramayu akan diadakan, spanduk tersebut bisa muncul terpasang, termasuk dalam acara perkemahan di Kawasan Wisata Wadukdarma saat ini.

Himbauan yang menarik dan sangat mendasar menjadi catatan wadukdarma.com dari seorang Pembina ketika siswa dibariskan menjelang masuk lokasi perkemahan, wejangan tersebut dicampur dengan pepatah yang diambil dari peribahasa: “Jangan bermain api kalau tidak mau kena panas kebakaran! Jangan bermain air kalau tidak mau menanggung resiko, kecuali basah! Junjung tinggi, hormati dan ikuti peraturan lingkungan setempat,” tegas Pembina.

Peringatan sangat ditekankan Pembina tersebut, rupanya, Pembina sadar bahwa kegiatan mereka tidak bisa lepas dari air dan dikhawatirkan para siswa peserta kemah terpadu (PMR, PRAMUKA dan TARUBARA) sembarangan memasuki perairan Wadukdarma. Apalagi soal berenang, walaupun suasana perairan Wadukdarma sangat menarik perhatian dan menggiurkan, apapun alasannya, tegas seorang Pembina: “Tidak boleh! Alias, dilarang keras berenang!” Begitulah bukti kecintaan Pembina Pramuka SMK Negeri 1 Indramayu terhadap keselamatan para siswa-siswi selama mengadakan perkemahan di Kawasan Wisata Wadukdarma.

Kegiatan yang dinilai plus oleh wadukdarma.com dari SMKN 1 Indramayu dalam acara Perkemahan Terpadu ini, kecuali melaksanakan materi pokok program baku kepramukaan, Sabtu Sore, 07/04/2012 seluruh pesertanya (kecuali bagian piket) dikerahkan dan diarahkan oleh pembinanya untuk melaksanakan kerja bakti sosial (Operasi Bersih) di seputar tempat mereka mengadakan perkemahan, Kawasan Dalam Obyek Wisata Wadukdarma sampai ke lingkungan kantor POLSEK Darma, siswa-siswi PMR, PRAMUKA, dan TARUBARA kompak serempak berjalan menyisir seluruh sampah yang terlihat dan terlewati.

Opsih Peserta Kemah Terpadu di Wisata Wadukdarma

Kegiatan kebersihan yang dianggap berat dan membuat susah bagi orang-orang malas berjiwa kerdil, jika dilakoni secara kompak dalam kebersamaan dari beberapa unsur peserta Perkemahan Terpadu, ternyata, hanya dengan sekejap sampah yang berserakan sudah lenyap tertata pada tempatnya. Terimakasih buat Pak Diding dan para Pembina lain plus siswa-siswinya, mudah-mudahan di masa angkatan mendatang, SMKN 1 Indramayu bisa melaksanakan acara perkemahan di Kawasan Wisata Wadukdarma lagi. 


Pramuka-opsih-di-Wadukdarma
Foto Kegiatan Peserta Kemah Terpadu SMKN 1 Idramayu yang lainnya di Wilayah Kawasan Wisata Wadukdarma.
foto by: FD-WD

No comments:

Post a Comment

 

MANAGER UNIT
Obyek Wisata Wadukdarma
HP : 087 723 302 220
Head office - Telp./Fax :
(0232) 8881389

 
Kawasan Wisata Alternatif Tujuan Liburan Anda di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan - Jawa Barat - Indonesia 45562, dikelola pihak PDAU Kabupaten sejak Januari 2012