Petunjuk Arah Jalan ke Wadukdarma - Wadukdarma

Social Icons

Danamaya-WisataDarma-TwitterTamu Wisata Darma 2014-Facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
PageRank Checkerblog-indonesia.com

Sabtu, 04 Agustus 2012

Petunjuk Arah Jalan ke Wadukdarma

Mendapatkan Petunjuk arah mengemudi ke Jagara, Darma, Indonesia di mana Kawasan Wisata Wadukdarma berada, praktis, cepat dan akurat.

Gambar. 1 Google Maps Jagara, Darma-1
Gambar. 1
Menjelang lebaran tiba, bagi para Pemandu Wisata jauh-jauh hari sebelumnya sudah tentu akan mempersiapkan tempat tujuan buat refreshing sehabis menjalankan Ibadah Puasa sebulan lamanya di bulan Ramadhan. Ambil contoh, tujuan dimaksud adalah Kawasan Wisata Wadukdarma. Ada kalanya orang yang ingin berwisata ke Wadukdarma hanya tahu nama tempat tujuannya saja dan itu pun baru mendengar dari cerita orang. Kendati demikian, saat ini jangan khawatir karena Mbah Google telah mengatur rute perjalanan ke tempat-tempat tujuan Anda secara cepat. Hemat saya, daripada Anda harus menunggu lama pihak terkait memasang plang penunjuk jalan dan keterangan jarak tempuh ke arah Wadukdarma sejak beberapa puluh kilo meter sebelum masuk lokasi (entah kapan hal itu jadi kenyataan), lebih baik gunakan saja fasilitas Google Maps yang praktis dan komplit.

Bagi yang sudah tahu dan terbiasa menggunakan Google Maps, saya kira tak ada masalah dan tulisan ini pun sudah tak ada artinya lagi. Akan tetapi, seandainya Anda belum tahu bagaimana caranya mendapatkan keterangan petunjuk jalan ke suatu tempat menggunakan Google Maps, terutama bagi para pengemudi, mari kita belajar bersama dan silakan ikuti langkah kerja yang akan dibahas pada tulisan ini. Untuk mempersingkat waktu, sebagai langkah awal, langsung saja kita lihat peta Kawasan Wisata WadukdarmaBila langkahnya tepat, dipastikan Anda akan mendapatkan tampilan Google Maps seperti pada Gambar. 1 di awal tulisan ini, (Jagara, Darma – Google Maps).

Gambar. 2 Google Maps Jagara, Darma-2
Gambar. 2
Selanjutnya, jika Google Maps telah terbuka seperti tampilan Gambar. 1 tadi, kliklah kalimat “Petunjuk Arah” yang dilingkari warna merah. Sekali lagi, coba perhatikan pada Gambar. 1 di atas. Nah, setelah kalimat “Petunjuk Arah” di-klik, kemudian lihat tampilan peta Google Maps sebelah kiri. Seperti yang sudah saya lakukan, pada bagian tersebut akan muncul hurup “A” dalam lingkaran hijau diikuti oleh kotak blank untuk diisi dengan nama tempat asal perjalanan Anda, perhatikan dalam areal garis merah, Gambar. 2. Pada kotak sebelah kanan huruf “A” tersebut isilah dengan alamat rumah (kota) Anda. Umpamanya Anda berasal dari Ujungberung, Bandung. Seperti contoh pada Gambar. 2 harus nampak terbaca: “Ujungberung, Bandung, Jawa Barat, Indonesia” sebagai awal perjalanan menuju Wisata Darma (Jagara, Darma, Indonesia). Bila nama alamat Anda sudah terdaftar, baru menuliskan beberapa hurufnya saja, otomatis akan keluar rangkaian nama tempat yang Anda maksudkan secara lengkap. Jika itu terjadi, kliklah susunan nama tempat yang cocok dengan alamat Anda. Kemudian, klik pula tombol warna biru bertuliskan “DAPATKAN PETUNJUK ARAH” warna huruf putih. 

Gambar. 3 Google Maps Jagara, Darma-3
Gambar. 3
Hasil dari perlakuan tersebut, pada tampilan sebelah kanan peta akan ada dua gambar mirip balon warna hijau bertuliskan huruf “A” dan “B” dihubungkan oleh jalur warna biru, lihat Gambar. 3. Huruf “A” menerangkan tempat Asal Anda, dan “B” menerangkan tempat tujuan Anda. Sedangkan garis warna biru merupakan rute yang bisa diikuti ketika mengemudi menuju Wisata Darma. Untuk memperbesar dan memperkecil peta, kliklah tanda plus dan min pada zoom pengaturan yang ujung sebelah atasnya berlambang (icon) orang warna kuning busuk.

Gambar. 4 Google Maps Jagara, Darma-4
Gambar. 4
Pada saat tampilan Google Maps nampak seperti Gambar. 3, maka di sebelah kiri peta tersebut akan nampak seperti Gambar. 4. Bagian itu akan menguraikan keterangan pelengkap mengenai jalur yang patut diikuti. Kliklah “Rute yang disarankan” seperti nampak dalam lingkaran oval garis merah Gambar. 4 penjelas tulisan ini. Nanti, setelah terbuka ke bawah, lalu sorot oleh kursor (mouse) Jalan yang munkin untuk dilalui. Ternyata, dari Bandung menuju Kawasan Wisata Wadukdarma ada tiga jalur lengkap dengan keterangan jarak dan waktu tempuh. Pertama: Via Jalan Cicalengka – Naggreg, 116 km, 2 jam 18 menit. Kedua: Via Jalan Raya Jatinangor, 118 km, 2 jam 26 menit. Ketiga: Via Jalan Sumedang – Tomo, 125 km, 2 jam 36 menit. Perubahan keterangan jalur (rute) tersebut akan dijabarkan oleh garis  warna biru yang muncul pada peta di sebelah kanannya. Berubahnya rute jalur perjalanan sesuai dengan perpidahan mouse (kursor) ketika Anda milih Rute yang disarankan. Kendati demikian, pangkal dan ujung garis warna biru dari huruf “A” ke “B” akan tetap terhubung. Coba Anda praktekkan dan perhatikan perubahan keterangan pelengkapnya pada peta dimaksud. Jelas dan mudah, bukan? Jika sudah hapal langkah kerjanya, silakan mulai dicoba dan praktekkan pula ke tujuan wisata lain, selain Wadukdarma.

Tulisan ini terinspirasi oleh cerita Pengunjung dari Bekasi yang harus kesasar dulu selama beberapa jam ketika mau berwisata ke Wadukdarma. Mereka merasa kecewa karena menjelang Wadukdarma, diperjalanan tidak mendapatkan plang penunjuk yang bisa membimbing perjalanannya. Atas dasar kasus tersebut, walau saya bukan pihak terkait dengan perlengkapan plang penunjuk arah jalan, hati ini merasa tergugah dan sebatas kemampuan saya, ingin memberikan yang terbaik buat para calon Pengunjung Wadukdarma. Akhir kata, dengan segala kesederhanaan uraian ini, mudah-mudahan ada manfaatnya buat Anda dan pembaca lainnya tentang cara mendapatkan petunjuk jalan dari Mbah Google. Selamat berkunjung ke Kawasan Wisata Darma, semoga lancar di perjalanan mengikuti petunjuk jalur dari Google Maps sebagaimana telah diterangkan tadi. FD-WD

2 komentar:

  1. Wah,, mantep sekali nih kalau liburan ke Wdukdarma. apalagi dengan pacar ^ ^

    BalasHapus
  2. Ya, kurang-lebihnya begitulah, Wisata Darma intinya bisa dijangkau dg waktu dan dana terbatas-mantep dan asyik. Cuma harus lebih hati2 jika liburan dg pacar, jangan terlalu terlena di Wadukdarma. Air tenang suka menghanyutkan.

    BalasHapus

 

MANAGER UNIT
Obyek Wisata Wadukdarma
HP : 087 723 302 220
Head office - Telp./Fax :
(0232) 8881389

 
Kawasan Wisata Alternatif Tujuan Liburan Anda di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan - Jawa Barat - Indonesia 45562, dikelola pihak PDAU Kabupaten sejak Januari 2012