Social Icons

Danamaya-WisataDarma-TwitterTamu Wisata Darma 2014-Facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
PageRank Checkerblog-indonesia.com

Wednesday, November 21, 2012

Tata Wisata Sambut Tahun Baru 2013

Mohon Do'a Restu-Penataan Wisata Darma
Mohon Doa Restu, selama 100 hari (10 September 2012-18 Desember 2012) Kawasan Wisata Darma sedang dalam penataan
Rencana Tata Wisata yang dijelaskan Pihak PDAU Kabupaten Kuningan, Bobby Fajar Rianto, S. PT (Manager Unit Obyek Wisata Wadukdarma I) bersama Kabag Operasional dan Pengembangan Usaha PDAU, Rani Fitriani, ST di ruang rapatnya, 18/01/2012 kepada perwakilan Komunitas Photographer Wisata Darma, “Tahun 2012 merupakan tahun renovasi bagi Kawasan Obyek Wisata Wadukdarma,” jelas Bobby. Namun, selama di ruang rapat tersebut, pihak PDAU tidak menyebutkan kepastian tanggal berapa atau bulan apa pelaksanaan renovasi tata wisata akan dilaksanakan.

Menyangkut soal Penataan Kawasan Wisata Wadukdarma, terutama yang sedang dilaksanakan saat ini (10 September 2012-18 Desember 2012), menjelang tahun baru 2013, diceritakan masyarakat setempat, rencana tersebut sudah lama didengar. Sehingga, bagi kalangan masyarakat Jagara yang kesehariannya beraktifitas di sekitar Kawasan Wisata, rencana tata wisata termasuk pengembangannya sudah bukan rahasiah lagi. "Ketika pengelolaanya masih ditangani oleh Disparbud Kabupaten Kuningan tempo dulu, masyarakat sering diajak berkumpul, bermusyawarah membicarakan hal-ikhwal Kawasan Wisata Darma," jelas Tokoh Masyarakat Desa Jagara dan aktifis Kompepar, Uba Rusmana.

"Dari aktifitas tersebut," lanjut Uba, "Masyarakat bisa mengetahui tentang informasi rencana pengembangan Wisata Darma. Termasuk anggaran biaya untuk penataan lokasi wisata dari Provinsi Jawa Barat Via Pemda Kabupaten Kuningan pun, masyarakat mengetahuinya karena rencana itu sudah digembar-gemborkan oleh pihak Disparbud beberapa tahun yang lalu." Tetapi, realisasi pelaksanaan dari rencana tata wisata tersebut,” Uba menilai, “Terkesan timbul-tenggelam dan baru kelar menjelang akhir tahun 2012, selang beberapa minggu sebelum tahun baru 2013 M." 

Masih Cerita aktifis Kompepar, Uba Rusmana, penambahan Villa di Kawasan Wisata Wadukdarma yang diketahuinya direncanakan lebih dari satu bangunan. Namun, baru terealisasi satu bangunan pun, “Alhamdulillah...,” tukas Uba, turut bersyukur. 

Di tempat dan waktu terpisah, Manager Unit Darma II, Andang Koswara ketika dikonfirmasi, Beliau berharap penataan Kawasan Wisata yang ditangani pihak Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kabupaten Kuningan dalam waktu 100 hari kerja dengan anggaran Rp. 907.147.000,- bisa selesai tepat waktu sehingga, ketika menyambut datangnya tahun baru 2013, kita semua, termasuk para pengunjung Wisata Wadukdarma sudah bisa nyaman menikmati indahnya alam. Sementara ini, selama dalam waktu penataan dan pengembangan, “Kami mohon maaf bila para pengunjung merasa terganngu dan kurang nyaman berwisata ke Wadukdarma,” ungkap Andang.

Ketika disinggung soal persiapan untuk menyambut tahun baru 2013, Manager Unit Wisata Darma hanya tersenyum dan belum bisa bercerita banyak. “Yang jelas, penataan Kawasan Wisata Wadukdarma saat ini, anggaplah sebagai persiapan dalam rangka menyambut tahun baru 2013 yang akan segera datang,” terang Andang mengakhiri pembicaraan. 

Berikut di bawah ini adalah beberapa dokumentasi renovasi, penataan, dan pengembangan di Kawasan Wisata Wadukdarma menjelang tahun baru 2013. _FD-WD



Info Terkait:
Obyek Wisata Berbenah Diri

No comments:

Post a Comment

 

MANAGER UNIT
Obyek Wisata Wadukdarma
HP : 087 723 302 220
Head office - Telp./Fax :
(0232) 8881389

 
Kawasan Wisata Alternatif Tujuan Liburan Anda di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan - Jawa Barat - Indonesia 45562, dikelola pihak PDAU Kabupaten sejak Januari 2012