Social Icons

Danamaya-WisataDarma-TwitterTamu Wisata Darma 2014-Facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
PageRank Checkerblog-indonesia.com

Friday, February 1, 2013

Antara Wadukdarma dan Talagaremis

Perairan Kawasan Wisata Talagaremis
Perairan Kawasan Wisata Talagaremis
Perjalanan dari Kawasan Wisata Wadukdarma menuju Talagaremis akan melewati beberapa lokasi wisata yang merupakan kebanggaan Kabupaten Kuningan di Jawa Barat. Antara Wadukdarma dan Talagaremis saat ini terdapat beberapa kesamaan walau pada kenyataan alamnya sangat jauh berbeda. Kesamaan antara Wadukdarma dan Talagaremis, kedua tempat tersebut merupakan Kawasan Wisata yang terbilang luas wilayah perairannya, dan sama Pengelolanya, yaitu Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Kabupaten Kuningan. Wadukdarma dan Talagaremis merupakan Obyek Wisata yang sama-sama paling ujung. Wadukdarma di ujung Barat Daya, sedangkan Talagaremis berada di daerah Utara Kota Kabupaten Kuningan.

Gaung nama Talagaremis menyebar di Tatar Parahyangan bersenyawa dengan irama musik Pop Sunda. Bahkan orang banyak tahu tempat wisata tersebut gara-gara mendengar alunan lagunya yang memang mengena, terutama di telinga masyarakat Jawa Barat. Akan tetapi, kebanyakan, walau sampai hapal dan mampu melantunkan lagunya, tempat asli Talagaremis, orang yang menyenangi lagu tersebut belum tentu mengetahui bagaimana kondisi alamnya. Talagaremis masih lugu dan sangat alami karena memang tempat tersebut merupakan wilayah Taman Nasional. Sesuatu yang berhubungan dengan kekayaan alam, terutama tumbuhan, tidak sembarangan orang menyentuhnya. Peraturannya ketat dan ketat pula dalam menjalankannya.

Kalau memperhatikan cerita Pengelola Wisata yang sedang berjalan atau Pengelola yang sudah dipindah-tugaskan, nampaknya, ada dua kekuatan yang saling bertolakan. Contoh kasus yang disampaikan dua orang Pengelola dari pihak yang berbeda, mereka sama mendapatkan kesulitan untuk bergerak di bidang wisata manakala harus berurusan dengan pepohonan. Ada pohon tumbang karena kekuatan alam; hujan dan angin kencang, Pengelola wisata tidak bisa menanganinya. Masih mendingan kalau tumbangnya suatu pohon tidak jatuh ke lokasi jalur Pejalan-kaki. Namun, jika pohon tumbang sudah menghalangi jalur Pengunjung Wisata, Pengelola Wisata Talagaremis tidak bisa berbuat banyak karena urusannya bertabrakan dengan kekuatan peraturan Taman Nasional.

Wadukdarma pun sama, Kawasan Wisatanya merupakan wilayah tanam kehutanan Kabupaten Kuningan. Namun di Kawasan Wisata Wadukdarma tidak seketat di Talagaremis. Soal kayu tumbang, jika mengganggu terhadap keindahan dan kenyamanan wisata, masih bisa ditangani. Intinya, koordinasi tetap berjalan dan tembus kepada pihak yang erat kaitan dengan pepohonan dimaksud. Sekeras dan seketat apapun peraturan yang diciptakan manusia untuk melestarikan alam, jika duduk perkara serta maksud-tujuannya dibicarakan dengan baik dan saling menghargai keberadaan pelaksanaanya, “Saya kira bisa diselesaikan!” celoteh seorang pengunjung yang sama-sama mendengar keterangan tersebut. Diam-diam, rupanya pengunjung nguping pembicaraan kami. Begitulah di Talagaremis sampai saat ini, dan harus tetap begitu untuk meletarikan kekayaan alam yang sudah langka. Mudah-mudahan masyarakat luas menjadi maklum bahwa, Talagaremis bukan total Kawasan Wisata sehingga, jika berkunjung ke tempat itu, tidak sembarangan menyentuh pepohonan.


Kolam Renang Wisata Talagaremis
Kolam Renang Kawasan Wisata Talagaremis
Talagaremis merupakan Kawasan Wisata yang dikembang PDAU. Menurut beberapa media pemberitaan, saat ini, Talagaremis memiliki Kolam Renang cantik. Hanya sayang, Cantiknya Kolam Renang yang diurai dalam sebuah media online, tidak diperkuat oleh foto-gambar obyektif. “Sehingga, kami penasaran dan ingin membuktikan cerita itu,” ujar Uba Rusmana, ketua Fotografer Wisata Wadukdarma yang diamini Oyon Sofyan, anggotannya. 

Akses ke Wisata Talagaremis sangat jauh dari jalan Provinsi dan kecil jalur masuknya sehingga, para Pengemudi kendaraan dari arah Kota Kabupaten Kuningan harus ekstra hati-hati bila berpapasan di jalur masuk Kawasan Wisatanya. Untuk lebih aman, salah satu kendaraan roda enam yang berlawanan arah harus menyamping dan berhenti sejenak guna memberi jalan kepada kendaraan lainnya. Informasi tambahan dari Manager Unit Wisata Talagaremis, Adam Firdaus, ketika dikonfirmasi, Beliau menerangkan, "Justru kalau dari Wilayah Cirebon, dan Kabupaten Majalengka, akses ke Talagaremis sangat mudah karena dekat ke jalan besar, jalan raya daerah Kramat, Cirebon." Adam menambahkan, "Untuk menuju Jalan Tol membutuhkan waktu skitar 30 menit, ke bengkel motor hanya cukup 5 (lima) menit, ke bengkel mobil 15 menit, ke ATM dan Bank 10 menit, ke Pusat Kota Kabupaten Sumber sekitar 15 menit. Harga Tiket Masuk (HTM) yang berlaku saat ini Rp 8000,-" 

Kalau Anda rekreasi ingin menikmati alam indah Talagaremis, mengingat keterangan dari Adam sebagai Manager Unit Wisata-nya, ternyata, ke fasilitas umum cukup membutuhkan waktu, maka bagaimanapun juga, kondisi kendaraan dan bahan bakar harus stabil, maklum alam indah dimaksud ada di pedalaman. Lain halnya dengan Wisata Darma. Akses masuk Kawasan Wisata Wadukdarma langsung dari jalan Provinsi. Kesulitan kendaraan roda enam dari arah Kota Kuningan ketika memasuki Talagaremis, tentunya, tidak akan ditemui jika memasuki Kawasan Wisata Darma. Itulah sekilas gambaran perbedaanya. Kendati demikian, situasi alam segar tempat tumbuhnya pepohonan hijau menjulang tinggi, suara merdu burung-burung langka, dan sumber air bersih yang mengalir tiada henti dalam jumlah besar, merupakan keindahan tersendiri yang mahal nilainya. Karena itu, kelestariannya harus tetap terjaga. Selamat berkunjung ke lokasi Wisata Kota Kuningan mulai dari Wadukdarma sampai Talagaremis.__FD-WD

1 comment:

 

MANAGER UNIT
Obyek Wisata Wadukdarma
HP : 087 723 302 220
Head office - Telp./Fax :
(0232) 8881389

 
Kawasan Wisata Alternatif Tujuan Liburan Anda di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan - Jawa Barat - Indonesia 45562, dikelola pihak PDAU Kabupaten sejak Januari 2012