Social Icons

Danamaya-WisataDarma-TwitterTamu Wisata Darma 2014-Facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
PageRank Checkerblog-indonesia.com

Tuesday, December 10, 2013

Gazebo Wisata Darma Multi Fungsi

Gazebo Wisata Wadukdarma Timur
Gazebo Wisata Wadukdarma Ujung Timur
Keberadaan Gazebo Wisata Darma sangat menunjang kegiatan pengunjung wisata, mulai dari aktifitas yang transparan sampai kegiatan remang-remang di malam hari. Ada dan tidaknya penataan di lingkungan wisata, termasuk penambahan fasilitas Gazebo ini ternyata cukup membuat dilema bagi lingkungan. Kenapa ini bisa terjadi? Siapakah yang salah, dan dimanakah letak kesalahan itu?


Kawasan Wisata Wadukdarma terus berbenah diri. Penataan demi penataan terus berjalan walau terkesan lambat. Wadukdarma.com mengamati, dalam kurun waktu beberapa tahun berjalan, rata-rata waktu penataan dilaksanakan menjelang akhir tahun. Mulai dari pembuatan Gapura timur-barat, penambahan (renovasi) Cottage (villa-pemondokan), pembangunan Gedung serba-guna, pembuatan Gazebo, renovasi jalan dan areal parkir, itu semua pengerjaanya menjelang akhir tahun dan, hasilnya di akhir tahun 2013 ini telah terwujud serta bisa dimanfaatkan keberadaannya.

Melengkapi saung-saung tempat nyantai para Pengunjung, kecuali beberapa Gazebo dengan bahan tradisional (bambu plus atap rumbia), 14 bangunan Gazebo dengan gaya dan model baru segi enam berjejer di tempat strategis mulai dari tepi barat dermaga sampai timur telah selesai pengerjaannya dan bisa dinikmati para Pengunjung. Selain untuk menikmati indah alam wisata Wadukdarma, dari segi bentuk dan ukuran, ternyata Gazebo bisa berfungsi ganda (multi-fungsi).

Gazebo tersebut benar-benar tepat-guna dan memanjakan para Pengunjung, baik untuk santai ataupun meyelenggarakan acara keluarga. Di samping fungsi pokok tempat berteduh dari hujan dan panas, Gazebo yang bertebaran di lokasi wisata Wadukdarma sangat menunjang untuk acara Reunian, Foto Pre Wedding (Photography), Rapat Kelompok, Arisan Keluarga, Latihan Musik Organ Tunggal (kelompok seni tertentu-malam hari) dan acara Lesehan lainnya serta, di luar dugaan kita semua, ternyata banyak diceritakan masyarakat, Gazebo Wisata Wadukdarma malam hari sering digunakan pasangan mesum. Jika kenyataannya demikian, sudah tak bisa dipungkiri lagi bahwa, siang sampai malam hari Gazebo yang bertebaran di lokasi wisata ini tak luput dari pengguna-banyak diincar peminat.

Bagi Pemerintah Kabupaten Kuningan dan Pihak Pengelola terkait, hal ini tentunya menjadi sebuah dilema. Bagaimana tidak? Coba kita cermati, jika lokasi wisata tidak ditata, dibilangnya Pemerintah (Pengelola Wisata) tidak pro-aktif, tidak membangun dan hanya memeras hasilnya saja. Terus, ketika telah ditata dan ditambah fasilitas, dampaknya, kecuali kegiatan pengunjung yang transparan (positif), kegiatan remang-remang ikut bermunculan. Mau bagaimana kalau sudah begini? Apakah kegiatan ilegal, kegiatan mesum malam hari yang kerap terjadi dampak adanya Gazebo akan dibiarkan begitu saja? Dimanakah letak kesalahannya? Apakah peraturan Pengelola Wisata Wadukdarma tidak ketat? FD-WD

1 comment:

  1. wah tos lami yeuh saya t ka waduk darma :v | beki endah wae nya ayn mah.

    ReplyDelete

 

MANAGER UNIT
Obyek Wisata Wadukdarma
HP : 087 723 302 220
Head office - Telp./Fax :
(0232) 8881389

 
Kawasan Wisata Alternatif Tujuan Liburan Anda di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan - Jawa Barat - Indonesia 45562, dikelola pihak PDAU Kabupaten sejak Januari 2012