Social Icons

Danamaya-WisataDarma-TwitterTamu Wisata Darma 2014-Facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
PageRank Checkerblog-indonesia.com

Agenda

Agenda yang menjadi sorotan wadukdarma.com adalah catatan kerja (rencana) dari pihak Dinas Pariwisata secara langsung ataupun rencana (kegiatan) kerja yang pelaksanaanya diwakili oleh pihak Pengelola Wisata bersama masyarakat/pelaku usaha di Lingkungan Kawasan Wisata Wadukdarma. Agenda yang dianggap cukup menarik perhatian dan berkaitan erat dengan pengembangan Kawasan Wisata Kebanggaan Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Kuningan (Wadukdarma) ini bersumber dari keterangan Uus Rusnandar, SH. M. Si (Sewaktu Menjabat KADISPARBUD), pada acara tatap-muka silaturrahmi dengan warga Obyek Wisata di Panggung Serbaguna, 13/5/2011, Beliau mengatakan: "Untuk memperindah Kawasan Wisata Wadukdarma di malam hari, direncanakan menjelang Tahun 2012, 12 titik lampu penerangan akan segera dipasang."


Rabu, 06/07/2011: Pemasang Kabel Tanah sepanjang 12 Titik Pondasi Lampu Penerangan 
Kawasan Wisata Wadukdarma selama ini oleh Pemerintah Kabupaten Daerah Tingkat II Kuningan melalui dinas terkait terus diupayakan penataannya. Namun karena penataan yang dilakukan PEMDA ini bukan hanya di sector pariwisata saja, maka wajar jika pengembangan Kawasan Wisata Wadukdarma terkesan lambat. Selanjutnya, menyinggung kembali soal rencana-kerja pemasangan lampu peneranagan, sebagaimana telah diungkapkan oleh KADISPARBUD Kabupaten Kuningan, Uus Rusnandar, SH. M. Si (Ketika Masih Menjabat) beberapa waktu yang lalu, "di Tahun 2012 Lampu Penerangan direncanakan sudah siap menyala secara optimal," katanya. Sedangkan  pada bulan Juni 2011 ini sudah terpasang pondasi untuk pancangan tiang-tiangnya,tanggal 06 Juli 2011 sudah mulai pemasangan kabel tanah (seperti terlihat pada foto di atas), 16 Juli 2011 pemasangan tiang-tiang lampu, dan 20 Juli 2011 pemasangan lampu (pertiang dua buah lampu), bukankah hal itu termasuk langkah kerja yang bisa dibilang cepat? 


Sabtu, 16/07/2011: Pemasangan Tiang Lampu
untuk keindhan malam di Pinggir Perairan
Kawasan Wisata Wadukdama Bagian Selatan
Jadi, adanya suara sumbang atau sindiran dari Pengunjung yang mengatakan: “Kawasan Wisata Wadukdarma, dari dulu begini-beni saja," rasanya kurang tepat! Apalagi Pengunjung yang berkata demikian itu setelah melewati masa berpuluh-tahun baru berkunjung  ke Kawasan Wisata Wadukdarma lagi. Maka, bila Kawasan Wisata ini dikatakan tidak pernah dikembang dan tidak pernah diperhatikan oleh PEMDA, pendapat tersebut kurang beralasan dan bertolakan dengan Program Kerja KADISPARBUD yang sedang berjalan.

Satu bukti yang nyata dari Pengunjung lainnya, baru-baru ini di awal Juli 2011, ada sekelompok Ibu-ibu pengunjung ketika menunggu cetakan foto kenangannya selesai, mereka diajak oleh Fotografer jalan-jalan melihat lokasi Kawasan Wisata bagian selatan, Ibu-ibu tersebut keheranan dengan adanya Perahu Wisata dan Fasilitas yang lainnya. “Sayang cucu ibu keburu pulang ke Belanda,” kata salahseorang dari mereka. “Kalau tahu begini,” lanjutnya, “mungkin cucu ibu diajak jalan-jalan dulu ke sini dan bikin foto kenangan di Kawasan Wisata Wadukdarma.”

Selain rencana-kerja pemasangan lampu penerangan, rencana-kerja yang telah dilaksanakan beberapa bulan lalu oleh pihak Pengelola Wisata Wadukdarma, Ade Sundoro, dibantu oleh Kommunitas Fotografer Wadukdarma adalah kegiatan penanaman pohon pelindung yang bersifat menghias di beberapa lokasi yang dianggap strategis.

Pengelola Wisata Wadukdarma yang berpindah tugas akhir tahun 2011,
Ade Sundoro (nampak sedang memegang cangkul, memakai baju Dinas) melaksanakan penanaman Pohon dibantu Komunitas Fotografer Wisata Wadukdarma

Kecuali kegiatan tersebut, untuk menambah keindahan dan kenyamanan di Kawasan Wisata Wadukdarma, pembuatan beberapa bangku tembok di sepanjang sisi Perairan Wadukdarma pun telah dilaksanakan. Pembuatan bangku-bangku tembok ini pula, masih tetap dibantu oleh Kerja Bakti Kommunitas Fotografer Wisata Wadukdarma.

Kerja Bakti Komunitas Fotografer Wisata - Fokus Digital Wadukdarma, membuat bangku tembok
di sepanjang pinggir perairan Kawasan Wisata bagian dalam

Untuk sementara, hanya kegiatan itulah yang dapat kami publikasikan, merupakan beberapa bukti bahwa gerakan pengembangan Wadukdarma memang ada walau dikata, “terkesan lambat....” 
=========================================================================================================
Baca pula Info terkait: 
- Obyek Wisata Darma Berbenah Diri
- StarUp PDAU: Renovasi dan Penataan
Agenda Pemeliharaan
- Tata Wisata Darma Sambut Tahun Baru 2013 

No comments:

Post a Comment

 

MANAGER UNIT
Obyek Wisata Wadukdarma
HP : 087 723 302 220
Head office - Telp./Fax :
(0232) 8881389

 
Kawasan Wisata Alternatif Tujuan Liburan Anda di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan - Jawa Barat - Indonesia 45562, dikelola pihak PDAU Kabupaten sejak Januari 2012