Social Icons

Danamaya-WisataDarma-TwitterTamu Wisata Darma 2014-Facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
PageRank Checkerblog-indonesia.com

Fotografer

Fotografer Digital Kawasan Obyek Wisata Wadukdarma merupakan salahsatu Komunitas yang bergerak dan beroperasi sehari-harinya di lingkungan dalam Kawasan Obyek Wisata, berkarya dan bekerja memublikasikan Kawasan Wisata Wadukdarma tiada henti secara off-line dan on-line. 


Keberadaan Fotografer di Kawasan Wisata Wadukdarma, sebelum menggunakan istilah Digital, beberapa tahun yang telah silam ketika beroperasi menawarkan jasa, mereka menggunakan kamera yang hasil jepretannya langsung jadi dengan ukuran tetap segitu-gitunya, design pun segitu-gitunya. Kalau pun ada kreasi, hal itu memerlukan kreativitas seorang Fotografer atau teknisi khusus yang disediakan oleh pihak dealer pemasok kamera tipe begituan. Hasilnya memang ada, seperti: Penambahan teks pada sisi bawah foto atau duplikasi obyek dengan dua kali pemotretan. Namun, ya... begitulah..., hasilnya kaku dan kurang praktis.


Dasar pada waktu itu emang jamannya, karya fotografer menggunakan kamera langsung jadi, di mana-mana, umumnya di lokasi wisata sempat mengalami kejayaan. Bahkan jumlah anggota dari Komunitas Fotografer yang memakai kamera langsung jadi tersebut cukup banyak dan terorganisir. Pertemuan-pertemuan para Fotografer dari tiap wilayah pun sering diadakan. Kegiatan tersebut sudah merupakan agenda yang dimotori oleh pihak dealer. Bagaimana keadaanya sekarang...?

Seiring dengan berkembangnya teknologi,  dunia fotografy pun tak ketinggalan. Suatu hal yang nyata, pihak dealer kamera melakukan revisi dan inovasi untuk menjangkau konsumen, memanjakannya dengan berbagai kemudahan, kecepatan dan kepraktisan proses dari pemotretan sampai hasil akhir yang nyaris membuat fotografer tidak pindah tempat untuk melihat hasil dari karyanya. Dampak dari kemajuan teknologi ini memang cukup dahsyat. Satu persatu produk kamera type lama sudah ditinggalkan konsumen penggunanya, terutama kamera-kamera yang tidak memberikan kepraktisan dan kecepatan proses, kamera-kamera yang selalu membuat was-was (cemas) dan cenderung menimbulkan resiko besar serta kekecewaan panjang bagi konsumen (sepasang pengantin) ketika foto kenangan sakral yang dinantikannya gagal proses.


Sebetulnya kalau ditelusuri faktor penyebabnya sangat bervariasi dan penyebab paling dominan kegagalan tersebut bukan dari kamera, akan tetapi kebanyakan dari faktor orangnya (Fotografer tidak professional atau Operator Lab) dan juga tegangan listrik yang tidak stabil bahkan mati/putus aliran listrik ketika proses pencucian klise (film negative) di Lab. Kecuali itu, masih banyak kemungkinan-kemungkinan lain penyebab kegagalan tersebut. Rupanya pihak dealer kamera pun maklum akan hal itu, akhirnya muncullah istilah digital. Jamannya digital, apa-apa serba digital. Fotografer Wadukdarma pun sudah biasa memakai kamera digital dengan berbagai type kamera. Mulai dari type yang sedang-sedang saja sampai ke kamera yang cukup punya nama plus kemampuan.  

Namun jangan lupa, kamera hanyalah sekedar alat. Kamera digital keluaran jaman sekarang rata-rata fasilitasnya sudah memenuhi standar cukup untuk bisa merekam gambar dengan katagori baik. Apapun kameranya, inti permasalahan bertumpu pada seorang Fotografer yang menggunakan kamera tersebut. Keterampilan dalam pengoperasian sebuah kamera dan pengetahuan seorang Fotografer dibidang seni fotografy merupakan faktor terbesar penentu hasil jepretan. Jadi jangan terelalu menyalahkan kamera kalau hasil jepretan tidak enak dipandang. 

Foto Gaya Ala Pranikah:  "Bukan Jepretan Spekulasi Asal Jadi"

No comments:

Post a Comment

 

MANAGER UNIT
Obyek Wisata Wadukdarma
HP : 087 723 302 220
Head office - Telp./Fax :
(0232) 8881389

 
Kawasan Wisata Alternatif Tujuan Liburan Anda di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan - Jawa Barat - Indonesia 45562, dikelola pihak PDAU Kabupaten sejak Januari 2012