Social Icons

Danamaya-WisataDarma-TwitterTamu Wisata Darma 2014-Facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
PageRank Checkerblog-indonesia.com

Sarana

Sarana Kawasan Wisata Wasukdarma sampai saat ini baru meliputi: Toilet Plus Mushola, Ruang Pertemuan, Cottage/Villa Pemondokan, Panggung Terbuka (Serbaguna), Kolam Renang Anak (Berubah Fungsi jadi tidak karuan nasibnya), Kereta Naga (Minitrain)-Terlantar, Kereta Motor, Fasilitas Mainan Anak, Outbond (Flying Fox)-Tinggal Kenangan, Lapang Bola, Camping Ground, Perahu Wisata, Kedai Makan, Mesjid Jum'at Jagara, PUSKESMAS Darma.

Toilet dan Mushola ada di tiga tempat. Lokasi yang pertama berada di sebelah barat dan tepatnya setelah halaman parkir utama. Jadi, begitu kita masuk Kawasan Dalam Obyek Wisata tentunya akan melewati areal parkir bagian depan yang dihiasai kalimat sambutan: SELAMAT DATANG DI OBYEK WISATA WADUKDARMA, terlihat jelas berada di sebelah kiri. Selanjutnya mengarah ke selatan, terdapat bangunan kecil-mungil, kantor UPTD. Bila perjalanan membelok mengikuti tangga di pinggir selatan kantor UPTD, dipastikan para pengunjung akan langsung mendapati Toilet yang pertama.

Untuk Musholanya, dari Toilet masih harus berjalan beberapa langkah menapaki jalan tembok menuju selatan. Selanjutnya, perjalanan bisa langsung menuju lokasi parkir bagian dalam yang memanjang terbentang dari barat ke timur berujung di Panggung Terbuka (Serbaguna) 14 X 8 m dan tempat-tempat untuk bersantai-ria menikmati keindahan alam Wadukdarma, tanpa harus kembali lagi ke bawah mengikuti jalan aspal. Itu pun kalau tidak menggunakan kendaraan.

Toilet dan Mushola yang ke dua lokasinya berada di sebelah utara Panggung Terbuka dengan posisi perjalanan agak menanjak bila ditempuh dari arah Panggung tersebut. Toilet di sini satu atap dengan Musholanya. Posisi Mushola berada di bagian belakang Toilet. Sebelah barat Mushola tersebut, bila dilihat dari areal parkir depan Panggung Terbuka, akan nampak jelas deretan Cottage/Villa Pemondokan (saat belum direnovasi), cat tembok berwarna kuning dari barat ke timur berjumlah tujuh bangunan (termasuk bangunan yang baru paling tengah/Mawar). Namun kini, selama tahun 2012, bangunan tersebut telah mengalami dua kali renovasi dan penataan serta ada penambahan satu bangunan lagi. 

Mengikuti jalan antara Mushola dan Villa paling timur (Anggrek-2) akan mendapati lokasi Kolam Renang Anak Tirta Asri yang saat ini telah berubah fungsi menjadi tidak jelas dan terkatung-katung berdampingan dengan Lapang Bola, lapangan yang biasa dipakai tempat utama perkemahan oleh Dinas dan Instansi. Sebelah timur lapangan tersebut adalah bangunan IPA-PDAM Kabupaten Kuningan yang mengambil sumber air dari Wadukdarma untuk diolah lebih lanjut sebelum disalurkan ke Pengguna.

Toilet + Mushola Wisata Wadukdarma
Toilet + Mushola Wisata Wadukdarma
Kembali ke soal Toilet dan Mushola, lokasi ke tiga, merupakan Toilet dan Mushola yang paling besar serta megah di Kawasan Wisata Wadukdarma lokasinya terdapat di belakang Panggung Serbaguna, terlihat jelas posisi bagian paling timur. Halaman parkir buat kendaraan cukup luas, leluasa untuk menyimpan kendaraan Anda. Sayangnya tempat tersebut masih belum dikeraskan.

Kereta Naga (Minitrain) lokasinya di pinggiran areal parkir, depan panggung. Kecuali Kereta yang berjalan tetap di tempat khusus, ada tambahan Kereta yang ditarik oleh kendaraan bermotor berkeliling membawa Pengunjung jalan-jalan menelusuri jalan mulai start dari areal parkir depan SELAMAT DATANG menuju ke selatan (Kawasan Dalam Obyek Wisata) kembali berputar keluar menuju jalan di atas Bendungan Wadukdarma dan berakhir di tempat semula. 

Sedangkan lokasi untuk Flying Fox berada di pinggir dermaga sebelah selatan panggung. Bila volume air Wadukdarma sedang penuh, orang yang meluncur dari ketinggian Tower Flying Fox akan melayang ke arah timur melewati barisan Perahu Wisata yang mangkal menunggu penumpang. Situasi inilah yang membuat pengalaman baru nan seru bagi peluncur karena, permainan Flying Fox di Kawasan Wisata Wadukdarma lokasinya sangat berbeda dengan lokasi permainan Flying Fox di tempat lain. Sebelum meluncur dari ketinggian Tower, si Peluncur akan merayap mengikuti jaring yang terbentang dari pinggir dermaga sampai ke tempat awal peluncuran di atas Tower. Cuma sayangnya, semenjak berganti Pengelola, permainan yang menjadi andalan daya tarik Wisata Darma tersebut,  tidak difungsikan lagi, "Sedang ditinjau..." katanya. Entah ditinjau apanya, masyakat tidak habis pikir, yang jelas fasilitas Flying Fox dibiarkan terlantar....

Mesjid untuk sembahyang Jum’at bergabung dengan Mesjid masyarakat Desa Jagara karena lokasinya cukup dekat dengan Kawasan Wisata Wadukdarma. Tepatnya berada di sebelah timur dari Obyek Wisata. Bisa ditempuh hanya beberapa menit dengan jalan kaki. Kalau menggunakan kendaraan, jalannya harus mutar kembali ke arah Pintu Gerbang utama bagian timur.

PUSKESMAS Darma
Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Darma
Sarana kesehatan, PUSKESMAS DARMA cukup lengkap dan siap 24 jam melayani masyarakat. Lokasinya dekat, berada di sebelah barat Wadukdarma, sebelum pintu masuk ke Obyek Wisata bagian barat. Soal keamanan, kecuali Petugas khusus seperti pada saat-saat ramai lebaran, Pasukan Polsek Darma selalu siap siaga karena memang kantor Posek berada tepat di depan pintu masuk Kawasan Wisata. Melengkapi tugas Alat Negara, Kominitas Perahu Wisata selalu siap-kompak dan paling pertama bertindak di lapangan bila ada orang yang usil mengganggu pengunjung. Ini bukan omong kosong, karena telah terbukti beberapa kasus, pelaku tindak kriminal terhadap pengunjung tertangkap langsung dan ditindak sebagaimana mestinya sebelum pada akhirnya dijebloskan ke Polsek Darma.
 

MANAGER UNIT
Obyek Wisata Wadukdarma
HP : 087 723 302 220
Head office - Telp./Fax :
(0232) 8881389

 
Kawasan Wisata Alternatif Tujuan Liburan Anda di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan - Jawa Barat - Indonesia 45562, dikelola pihak PDAU Kabupaten sejak Januari 2012